Kamis, 22 September 2011

Tugas Analisa sistem Informasi Pert - 2

Tugas  : Resume Analisa Sistem & SDLC
Nama  : M.nurhari
Nim     : 10410100123
Dosen : Pak Didiet Anindita . A

Analis sistem adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Analis sistem memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang analis sistem harus memiliki setidaknya empat keahlian: analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang analis sistem untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang analis sistem untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Seorang analis sistem harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang analis sistem mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu analis sistem dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan analis, programer, dan profesi sistem lainnya.
Analis sistem bisa pula menjadi perantara atau penghubung antara perusahaan penjual perangkat lunak dengan organisasi tempat ia bekerja, dan bertanggung jawab atas analisis biaya pengembangan, usulan desain dan pengembangan, serta menentukan rentang waktu yang diperlukan. Analis sistem bertanggung jawab pula atas studi kelayakan atas sistem komputer sebelum membuat satu usulan kepada pihak manajemen perusahaan.
Pada dasarnya seorang analis sistem melakukan hal-hal berikut:
  • Berinteraksi dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan mereka
  • Berinteraksi dengan desainer untuk mengemukakan antarmuka yang diinginkan atas suatu perangkat lunak
  • Berinteraksi ataupun memandu programer dalam proses pengembangan sistem agar tetap berada pada jalurnya
  • Melakukan pengujian sistem baik dengan data sampel atau data sesungguhnya untuk membantu para penguji
  • Mengimplementasikan sistem baru
  • Menyiapkan dokumentasi berkualitas
SDLC (Systems Development Life Cycle)
SDLC (Systems Development Life Cycle, Siklus Hidup Pengembangan Sistem) atau Systems Life Cycle (Siklus Hidup Sistem), dalam rekayasa sistem dan rekayasa perangkat lunak, adalah proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem-sistem tersebut. Konsep ini umumnya merujuk pada sistem komputer atau informasi. SDLC juga merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem perangkat lunak, yang terdiri dari tahap-tahap: rencana(planning),analisa (analysis), desain (design), implementasi (implementation), uji coba (testing) dan pengelolaan (maintenance). Dalam rekayasa perangkat lunak, konsep SDLC mendasari berbagai jenis metodologi pengembangan perangkat lunak. Metodologi-metodologi ini membentuk suatu kerangka kerja untuk perencanaan dan pengendalian pembuatan sistem informasi, yaitu proses pengembangan perangkat lunak.
Terdapat 3 jenis metode siklus hidup sistem yang paling banyak digunakan, yakni:
1.      Siklus hidup sistem tradisional (traditional system life cycle).
2.      Siklus hidup menggunakan protoyping (life cycle using prototyping).
3.      Siklus hidup sistem orientasi objek (object-oriented system life cycle).

Secara garis besar SDLC terdiri atas 5 tahap, yaitu:
1.       Perencanaan :
·         Menyadari masalah dan mendefinisikan masalah.
·         Menetukan tujuan sistem.
·         Mengidentifikasi kendala-kendala sistem.
·         Membuat studi kelayakan (Feasibility Study), yaitu suatu tinjauan sekilas pada faktor-faktor utama yang akan mempengaruhi kemampuan sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
·         Mempersiapkan Usulan Penelitian Sistem.
Untuk lebih memahami apa yang harus dilakukan oleh sistem dan bagaimana sistem melakukannya.
·         Menyetujui atau Menolak Usulan.
·         Menetapkan Mekanisme Pengendalian.
Adalah tahap mempelajari sistem yang sudah ada dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru atau diperbaharui.
Menyiapkan rancangan secara terinci,  mengidentifikasi berbagai alternatif sistem, mengevaluasi berbagai alternatif konfigurasi system,  memilih konfigurasi terbaik, menyiapkan usulan penerapan dan meyetujui atau menolak Penerapan system.
Adalah kegiatan memperoleh dan mengintegrasikan sumver daya fisik dan konseptual yang menghasilkan suatu sitem yang bekerja.
Ini dilakukan bila sistem baru dinyatakan aman untuk dipakai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume DBA Pert 12

Resume DBA Nama : Muhammad Nurhari Nim    : 10410100123 Data Movement dan distributions Data Movement Proses dat...