Jumat, 07 September 2012

Contoh Aplikasi Three-tier Beserta Contoh Penggunaan


APLIKASI THREE-TIER
Arsitektur Client Server 3-tier

Untuk yg 3 tier sebanyak apapun aplikasi kliennya tidak terlalu bermasalah karena yang terkoneksi ke database hanya satu yaitu aplikasi server, paling-paling spek mesin servernya saja yg dinaikin
Klo pengen lebih ngirit untuk aplikasi server bisa satu mesin dengan database, selain itu rule bisnis biasanya diletakkan disini, sehingga jika terjadi perubahan cukup mengupdate disatu tempat.
Berdasarkan 2 pertimbangan diatas, mungkin sudah muncul motivasi untuk mencoba .NET Remoting dalam pengembangan aplikasi databas.
Untuk kasus project yang akan kita buat sederhana saja yaitu aplikasi SmartLibrary (SI Perpus) tentunya tidak semua kita ambil contoh pengolahan data buku dan penerbit, selain itu untuk alasan kemudahan databasenya cukup menggunakan Ms Access.




Aplikasi 3-Tier
a. Web Based


b. Windows Based






Dibawah ini adalah kelebihan dan kekurangan aplikasi 3-tier :

Kelebihan n-Tier :
1. Kemudahan perubahan business logic di masa yang akan datang.
2. Business logic yang mudah diimplementasi dan dipelihara.
3. Aplikasi client dapat mengakses berbagai tipe DBMS yang berbeda-beda secara transparan

Kekurangan 3-Tier :
Sistem n-tier relatif mahal untuk development dan instalasinya. Hal ini dikarenakan perencanaan software pada 3-tier bisa jadi sangat kompleks. Bahkan pada awal tahap perencanaan, Anda telah harus mempertimbangkan potensi pengembangan perusahaan pada masa yang akan datang. Satu hal yang harus terus diingat sebagai konsep dasar, bahwa pengertian arsitektur 2-tier maupun 3-tier secara logical dan bukan sescara physical




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume DBA Pert 12

Resume DBA Nama : Muhammad Nurhari Nim    : 10410100123 Data Movement dan distributions Data Movement Proses dat...