Senin, 10 Oktober 2011

Konsep Sistem Informasi

Tugas Konsep Sistem Informasi

Tugas : Sistem Elektronic Commerce ( E-Commerce)
Nama : M.Nurhari
Nim    : 10410100123
Dosen : Bpk, Siswo Martono.

SISTEM  ELECTRONIC COMMERCE  (E-COMMERCE)
Definisi E-Commerce
E-commerce meliputi seluruh proses dari pengembangan, pemasaran, penjualan, pengiriman, pelayanan, dan pembayaran untuk berbagai produk dan jasa yang diperjualbelikan dalam pasar global berjaringan para pelanggan, dengan dukungan dari jaringan mitra bisnis di seluruh dunia.
B2B (Business to Business)
B2B e-Commerce.
Ø  Aplikasi E-Commerce B2B melibatkan katalog elektronik, pertukaran, dan pasar lelang yang menggunakan websites internet, intranet, dan extranet serta pintu gerbang (portal) untuk mempersatukan para pembeli dan para penjual.
Ø  Kategori ini melibatkan pasar e-business dan hubungan pasar langsung antar perusahaan.
B2C (Business to Consumer)
B2C e-Commerce.
Ø  Bisnis yang secara khusus menjual produk dan jasa ke konsumen pada websites e-commerce, menyediakan halaman websites yang menarik, katalog multimedia, menerima dan memproses pesanan secara interaktif, menjamin keamanan sistem pembayaran secara elektonik dan memberikan layanan dukungan kepada pelanggan secara on-line.
Ø  Perusahaan harus mengembangkan pasar elektronik yang menarik untuk menjual berbagai produk dan jasa ke para pelanggan.
C2C (Consumer to Consumer)
C2C e-Commerce.
Ø  Pada lingkup konsumen ke konsumen bersifat khusus karena transaksi yang dilakukan hanya antar konsumen saja, seperti Lelang Barang.
Ø  Konsumen juga membentuk komunitas pengguna atau penggemar suatu produk.
Ø  Sehingga jika ada ketidak puasan suatu produk, maka akan segera tersebar luas melaluikomunitas tersebut.
Pokok-pokok Proses dan Pengelompokan Proses Dalam E-Commers
1.      Pengendalian akses dan keamanan : Proses E-Commerce harus menetapkan kepercayaan timbal balik dan menjamin akses antar peserta di dalam suatu transaksi e-commerce dengan membuktikan keabsahan para pemakai, hak akses dan keamanan.
2.      Management isi : membantu perusahaan e-commerce mengembangkan, menghasilkan, menyampaikan, membaharui dan mengelola data dan informasi dalam teks dan multimedia pada website e-commerce.
3.      Management arus kerja : membantu karyawan secara elektronik dalam bekerja sama untuk memenuhi tugas pekerjaan yang tersusun didalam proses bisnis berbasiskan knowledge. Workflow manajemen didalam e-business & e-commerce tergantung pada workflow model dari perangkat lunak yang berisi motor perangkat lunak proses bisnis untuk terpenuhi.
4.      Membuat profil dan personalisasi : Proses profiling terjadi pada data dan website disertai aneka pilihan dan perilaku, dan membangun profil elektronik tentang karakteristik dan preferences.
5.      Management katalog : membangkitkan dan memanage isi katalog adalah suatu proses manajemen isi yang utama dan katalog informasi tentang produk mengambil format multimedia.
6.      Pemberitahuan kegiatan : Perangkat lunak pemberitahuan peristiwa yang relevan, termasuk situasi masalah atau perubahan tak terduga.Kemudian sistem itu bekerja dengan perangkat lunak user profiling untuk secara otomatis memberitahukan kepada semua pihak yang terlibat (stakeholders) dari transaksi penting yang menggunakan metode user preferred sesuai dengan media pesan elektronik seperti e-mail, newsgroup, pager, dan komunikasi fax.
7.      Kerja sama dan perdagangan.
8.      Management pencarian : Kemampuan ini membantu pelanggan menemukan produk atau jasa spesifik yang mereka ingin evaluasi atau beli. Dibagi atas pencarian berbasis isi, parametrik, dan peran dan aturan.
9.      Pembayaran : e-business yang fokus kepada pelanggan menggunakan teknologi informasi seperti e-mail, chatting, dan diskusi untuk memelihara masyarakat yang online serta adanya perhatian antar karyawan dan pelanggan untuk meningkatkan layanan pada pelanggan dan membangun kesetiaan pelanggan didalam e-commerce. Kerja sama/kolaborasi yang penting antar mitra bisnis yang berdagang didalam e-commerce bisa juga disajikan oleh perdagangan jasa berbasiskan internet.
Sistem Pembayaran elektronik dan pengamannya
Ini menggambarkan dan meringkas suatu sistem pembayaran elektronik B2C dengan berbagai alternatif pembayaran.
1.      Proses pembayaran tidaklah sederhana, oleh karena transaksi elektronik yang berlangsung antara sistem komputer dari para penjual dan para pembeli yang terhubung dlm jaringan bersifat anomim, dan tentunya banyak terkait dengan masalah keamanan yang baik.
2.      Pembayaran menjadi kompleks karena adanya variasi alternatif pembayaran yang luas baik secara debet atau melalui kredit dari lembaga keuangan dan para perantara.
3.      Berbagai variasi sistem pembayaran secara elektronik selalu meningkat dari waktu ke waktu .
4.      Sistem pembayaran yang baru selalu dikembangkan dan diuji untuk memenuhi tantangan keamanan dan teknis dari perdagangan melalui internet.
Faktor Keberhasilan E-Commerce
Ø  Faktor dan nilai.
Ø  Kinerja dan pelayanan.
Ø  Tampilan dan rasa.
Ø  Iklan dan insentif.
Ø  Perhatian personal.
Ø  Hubungan komunitas.
Ø  Keamanan dan keandalan.
Ø  Hubungan masyarakat.
Ø  Perhatian pribadi.

[Some Key Factors for Success In E-commerce]
5 jenis E-Commers yang di gunakan oleh bisnis :
1.      One To Many : Pasar penjual.
2.      Many To One : Pasar pembeli.
3.      Some To Many : Pasar distribusi.
4.      Many To Some : Pasar pengadaan.
5.      Many To Many : Pasar lelang.
Clicks dan Bricks dalam e-Commerce
Ø  Perusahaan mengetahui bahwa keberhasilan akan datang bagi siapa saja yang dapat menjalankan strategi “clicks dan bricks”
Ø  Clicks berarti menggunakan internet.
Ø  Bricks berarti menggunakan bangunan atau took sebagaimana penjualan tradisional, yang dalam hal ini perusahaan memiliki baik toko virtual maupun toko yang sesungguhnya untuk menjembatani dunia nyata dan dunia virtual.
Manfaat EC Bagi Organisasi
Sebuah perusahaan dapat secara mudah menemukan lebih banyak pelanggan, suplier yang lebih baik, dan partner bisnis yang paling cocok dari seluruh dunia.
Manfaat EC Bagi konsumen
Memungkinkan pelanggan untuk berbelanja  atau  melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari  hampir setiap lokasi.
Manfaat Ec Bagi Masyarakat
memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.
Keterbatasan Teknis ETC
Ø  sistem keamanan, kehandalan, standar,  dan beberapa protokol komunikasi
Ø  Ada bandwidth telekomunikasi yang tidak mencukupi .
Ø  Alat pengembangan perangkat lunak masih dalam tahap perkembangan dan sedang berubah dengan cepat
Ø  Sulit menyatukan perangkat lunak Internet dan EC dengan aplikasi dan database yang ada sekarang ini .
Ø  Vendor-vendor kemungkinan perlu server web yang khusus  serta infrastruktur lainnya, selain server jaringan
Ø  Beberapa perangkat lunak EC mungkin tidak akan cocok bagi hardware tertentu, atau tidak bisa dipasang bersama dengan beberapa sistem pengoperasian atau komponen-komponen lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume DBA Pert 12

Resume DBA Nama : Muhammad Nurhari Nim    : 10410100123 Data Movement dan distributions Data Movement Proses dat...