Rabu, 27 Juli 2011

Sebuah Cerita Perjalanan Outbond Sasana kria jati jejer


Sebuah Cerita Perjalanan Outbond
Sasana kria jati jejer

Sekilas cerita pada saat aku mengikuti kegiatan Outbond, Kegiatan yang diadakan oleh kampus tercinta kami STIKOM SURABAYA tepatnya pada bulan desember. Pada hari pertama Outbond, Kami berangkat dari kampus tercinta kami STIKOM SURABAYA. Begitu semangatnya kami untuk menjalani Outbond tersebut. Ketika kami sampai tepatnya di Jati Jejer, Mojokerto.  Kamipun bergegas ke gedung serbaguna yang dimana di tempat tersebut kami semua prodi angkatan 2010 di kumpulkan untuk mendapatkan arahan dari panitia outbond.
          Di tempat itulah kami di kumpulkan dan dibagi kelompok yang dimana kita di gabungkan dengan anak dari prodi lain. Di situlah saya bisa mengenal dan mendapat teman-teman baru yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik yang belum saya kenal sebelumnya, Terlebih lagi yang membuat happy adalah bisa berkenalan dengan cewek STIKOM yang manis-manis. Hehehe,,,,,,,,,,,,
Setelah beberapa saat kemudian, Kami pun di beri tugas oleh panitia Outbond. Tugas yang kami terima ternyata tidak mudah karena tugas  tersebut melatih kita agar kita kreatif. Ke acara selanjutnya setelah kita menyelesaikan tugas yang di berikan oleh panitia kita di suruh untuk mempresentasikannya. Setelah itu kami pun melanjutakan ke acara selanjutnya yang tidak saya tulis di sini.
              Haripun mulai gelap, Dan oleh panitia kami di suruh untuk bergegas istrahat di tenda masing-masing yang telah di bagikan sebelumnya. Tak terasa pagi hari pun tiba, Kami semua di bangunkan untuk mengikuti acara SKJJ di pagi hari. Sebelum acara untuk selanjutnya kami di suruh untuk makan pagi dan setelah kami makan pagi kami memulai kegiatan jelajah medan yang memang kegiatan wajib, Saya dan kawan-kawan dari kelompok C++ bersemangat untuk mengikutinya, Ya walaupun di kelompok kami hanya terdapat satu bidadari kami tetap semangat bahkan kami selalu meneriakan yel-yel kami, Berjalan bersama-sama kami melewati rintangan di area hutan dan persawahan, Pegunungan, Sungai bebatuan dan masih banyak lagi. Kami tidak sendiri, Kami di pandu oleh kakak pembimbing. Singkat cerita setelah kami menjalani semua kegiatan pada hari itu kami di suruh bergegas untuk makan siang dan setelah makan siang kami memulai permainan game yang sangat seru. Hari sudah mulai gelap, Panitia Outbond pun menyuruh kami untuk bergegas kembali ke tenda untuk istirahat karena kegiatan kami masih banyak.
Pada malam harinya, kami di kumpulkan di musollah untuk mendengarkan penerangan dari dosen-dosen STIKOM, Terutama dosen dari prodi SISTEM INFORMASI yang memberi kami motivasi semangat pantang menyerah “ THE WINNER”. Kamipun menyimak materi yang di berikan. Setelah penerangan kami pun berkumpul di lapangan untuk mengikuti kegiatan selanjutnya. Karena saya tidak membawa perlengkapan pribadi untuk kegiatan selanjutnya jadi saya oleh panitia di beri hukuman. Hehe,,,,,,
            Setelah kegiatan yang satu ini selesai hukuman yang saya terima dari panitia berakhir dan kami pun balik ke tenda untuk beristirahat, Sialnya pada saat jam istirahat tepatnya pada pukul 22:30 tidak saya manfaatkan dengan baik malahan saya melakukan hal yang melanggar aturan, Yaitu Merokok di dalam tenda dan lebih sialnya lagi saya kepergok oleh panitia, ketika itu saya mengira itu teman saya jadi saya maki aja bisnya ganggu orang lagi PW. Eh gak taunya ternyata itu panitia. Dari situlah saya di hukum habis-habisan, Ga masalah sih buat ku tapi ada satu hal yang saya sesalkan, mereka selalu mengeluarkan kata-kata kotor. Setelah hukuman selesai kami di suruh balik ke tenda untuk istirahat karena pada pukul 01:00 ada kegiatan yang wajib kami ikuti. Kegiatan pun di mulai kami di bangunkan dan dikumpulkan di lapangan untuk memulai kegiatan tersebut, setelah itu kami di giring ke suatu tempat dimana tempat itu gelap, Setelah sampai di tempat itu kami di teter, Di marahi dan di bentak-bentak oleh panitia, parahnya lagi mereka mengungkit-ungkit siapa aja yang Merokok di suruh maju di depan untuk menerima hukuman lagi. Hah capek deh...
            Dengan seiringnya waktu berjalan kegiatan di ataspun selesai dan kami di suruh balik ke tenda untuk istirahat dan setelah istirahat kami di minta untuk berkumpul di lokasi kegiatan pada pukul 05:30. Kami dengan kesadaran diri, Kami berkumpul tanpa adanya panggilan dari kakak panitia. Ketika telah sampai di lokasi, Kamipun menyanyikan yel-yel prodi kami. Dengan bangga dan semangat sebagai anak SI, Tanpa lelah dan pantang menyerah kami berulang-ulang menyanyikan yel-yel prodi SI dengan lantang. Tidak lama kemudian kakak panitia dan kaprodi SI pun menyambut kami dengan tepuk tangan yang sangat meriah. Mereka pun bangga kepada kami karena kami telah menunjukkan bahwa kami bukan anak kecil lagi yang harus melakukan sesuatu jika ada perintah. Dengan adanya kesadaran diri kami, Kami bisa bergerak walaupun sebelum di perintahkan. Setelah itu kami pun di kukuhkan sebagai arek SI yang di harapkan bisa membawa perubahan untuk prodi SI agar lebih baik dari sebelumnya. We are the next gen.
            Setelah pengukuhan, Kami pun balik ke tenda untuk persiapan pulang. Kami pulang dengan membawa jati diri yang baru dan bertekad untuk membawa perubahan yang baik dan mengangkat nama prodi kami S1 Sistem Informasi.
Kami semua dengan bangga atas nama Sistem informasi, Kami akan membuktikan bahwa kami Arek jurusan sistem informasi pasti akan bergerak bersama menuju kesuksesan. Kami pasti dapat berubah, Terutama kami sangat berterimakasih kepada ibu kami yang telah melahirkan kami dan ALLAH SWT yang memberi kami kehidupan di dunia hingga saat ini. Sekian cerita pendek dari saya.



Manfaat Outbond Bagi Mahasiswa
  
Outbound adalah kegiatan di alam terbuka. Outbound juga dapat memacu semangat belajar. Outbound merupakan sarana penambah wawasan pengetahuan yang didapat dari serangkaian pengalaman berpetualang sehingga dapat memacu semangat dan kreativitas seseorang. outbound adalah usaha olah diri (olah pikir dan olah fisik) yang sangat bermanfaat bagi peningkatan dan pengembangan motivasi, kinerja dan prestasi dalam rangka melaksanakan tugas dan kepentingan organisasi secara lebih baik lagi.
Manfaat kegiatan Dalam Outbond
Kegiatan outbound berawal dari sebuah pengalaman sederhana seperti bermain. Bermain juga membuat setiap anak merasa senang, dan bahagia. Dengan bermain anak dapat belajar menggali dan mengembangkan potensi, dan rasa ingin tahu serta meningkatkan rasa percaya dirinya. Oleh karena itu, bermain merupakan fitrah yang dialami setiap anak.
Pengalaman merupakan guru dalam sebuah proses pembelajaran secara alami. Misalnya, seorang anak mengalami proses alami bermain. Hal itu  dalam rangka menambah dan mengembangkan pengetahuan dari setiap pengalamannya. Jadi, tidak menutup kemungkinan siapapun berhak bermain baik anak-anak, remaja, orang dewasa ataupun orang tua. Karena belajar dari sebuah pengalaman dalam aktivitas bermain dijadikan sebagai sarana pembelajaran yang menyenangkan yang dapat dilakukan di ruangan terbuka atau tertutup.
               Latar Belakang Outbond
Berdasarkan latar belakang tersebut outbound merupakan perpaduan antara permainan-permainan sederhana, permainan ketangkasan, dan olah raga, serta diisi dengan petualangan-petualangan. Hal itu yang akhirnya membentuk adanya unsur-unsur ketangkasan, dan kebersamaan serta keberanian dalam memecahkan masalah. Seperti halnya dalam outbound memang telah disusun sedemikian rupa, sehingga bukan hanya fisik peserta yang ’tersentuh’ tapi  juga emosi dan kemampuan berpikir. Pengalaman dalam kegiatan outbound memberikan masukan yang positif dalam perkembangan kedewasaan seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume DBA Pert 12

Resume DBA Nama : Muhammad Nurhari Nim    : 10410100123 Data Movement dan distributions Data Movement Proses dat...